“Srikandi” Jimmy Hantu

Pada tahun 2018, Jimmy Hantu kedatangan salah satu srikandi yang berasal dari Jawa Timur dan bergabung dengan team lapangan (SW). Srikandi ini bernama Edelynna Wirespathi (28th) yang memutuskan bergabung dengan team lapangan tanpa peduli gender ataupun beratnya menjadi pendamping lapangan yang biasanya dilakoni oleh pria. Yang ada dalam benaknya ialah bagaimana ia bisa membantu, mendengar, memeberi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi petani.

Tepatnya  hari Rabu (28/03), ada cerita yang sangat membanggakan bagi kami tentang kegigihan srikandi ini dalam tugasnya. Saat ia bertugas di wilayah Kec.Ampel Kab.Boyolali Jawa Tengah, tepatnya di Ds.Ngagrong. Ia bertemu dengan  Ketua Gapoktan  dan Kepala Desa (26/03), untuk mensosialisasikan produk pupuk organik yang kami miliki. Sepakat untuk sosialisasi akan diadakan pada hari Kamis tanggal 29 Maret bertempat di kediaman Ketua Gapoktani. Namun setelah Ketua Gapoktani  tersebut memberikan pengumuman pada  seluruh anggotanya, berbondong-bondong anggota tani tersebut turun untuk berburu Pupuk Hantu di Pasar. Pentani wilayah tersebut sangat antusias dengan Pupuk Hantu, walaupun dalam budaya pertanian yang telah tumbuh dalam wilayah tersebut ialah petani tidak pernah menggunakan produk apapun kecuali pupuk kandang.

Karena sebagian petani sudah tidak sabar menunggu waktu sosialisasi dan ingin secepatnya menggunakan produk ini untuk tanaman mereka. Akhirnya ketua kelompok tersebut menghubungi SW  kami untuk mengadakan sosialisasi hari itu juga, tepatnya satu hari sebelum waktu yang mereka sepakati (28/03). Pukul 21.00 WIB team kami berangkat untuk menemui para petani yang telah siap berkumpul pada lokasi pertemuan. Waktu tak menghalangi semangat srikandi kami untuk menjadi bagian dari petani, mendengar keluh kesah, mendengarkan masalah, dan memberi solusi.

Acara dimulai pukul 21.30 WIB dan dibuka oleh Ketua Gapoktani, kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi produk hingga cara pemakaian yang tepat. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh petani, salah satunya adalah bagaimana pengggunaan produk ini secara benar, karena mereka khawatir jika salah penggunaan produk akan memberikan dampak over size pada hasil tanaman mereka. Sriakandi kami memberi keterangan dengan rinci cara pengaplikasian hingga petani paham.

Pada pukul 23.00 team kami baru turun dari lokasi tersebut. Tak peduli waktu untuk membantu petani yang telah kita anggap seagai bagian dari diri kami. Beberapa senior team memberikan apresiasi, semangat, dan nasehat akan kegigihan yang telah dilakukan oleh srikandi Jimmy Hantu.

Berbagi manfaat tulisan ini:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *