Sekelumit Cerita Kebun Sawit Pak Yulhendri

Siang itu seperti biasa, saya jalan menuju lapangan –maklum memang petugas lapangan. Siang yang terik itu sebenarnya membuat saya enggan jalan, tumben banget, hari Selasa tanggal 24 April 2018 betul puanas, coba deh kalau ada es tebu, hmmm pasti uenak, padahal hari-hari sbelumnya sering ada hujan, kok tumben gak turun hujanya. Yah, sudahlah demi tugas negara –heheh sori bukan-bukan tugas nyari perut dan karir, upss salah, demi menyejahterakkan petani, saya nekat saja jalan Desa Serasa Batanghari untuk ketemu dan cek hasil aplikasi petani kebun kelapa sawit, biasa kami panggil dengan sebutan Bang Yulhendri.

Setelah sampai di sana, langsung ditemui Pak Yul yang sedang melakukan panen, sebagai tambahan info saja, beliau ini pemakai hantu sudah 3 kali aplikasi untuk sawitnya, umur sawit kurang lebih sudah 5,5 tahun. Jadi kurang lebih sudah 5 bulanan aplikasi injeksinya.

salah satu pohon sawit di kebun Pak Yulhendri

Setiba di lokasi kami langsung membuka obrolan soal sawit dengan pak Yul ini, langsung ilang deh, rasa capek, panas dan malas itu, betapa tidak, yang memang sedang kehausan ini, tiba-tiba disodorin es tebu, dan tentunya sebungkus nasi padang, sambil berseloroh “top, mas Yanuar, Jimmy Hantu emang gila, ini panen saya luar biasa, bobot nya itu lohhh naik gila gilaan” begitulah pak Yulhendri berseloroh. “itu si Inyong (sebutan salah satu anak buahnya), biasanya angkat 12 janjang, masih ketawa, sekarang 6 janjang sudah ngeluh kayak engga pernah gw kasih makan seharian” tambah Pak Yul dengan riang.

Jika, sudah kayak begini (nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan), kebahagiaan apa lagi yang dicari. Saya jujur, sambil senyum dan di dalam hati selalu bilang, ini sungguh luar biasa, jika dikerjakan dan dikawal dengan baik, maka yang awalnya seperti tanpa harapan, menjadi sebuah kenyataan yang begitu indah.

Capek, iya betul memang capek, aplikasi Jimmy Hantu setiap 30 hari atau 40 hari sekali dengan cara injeksi, satu persatu pohon, dalam satu hektar 130-an pohon, begitu menguras tenaga, tetapi, jika dibandingkan dengan hasilnya itu engga ada apa-apanya. “If you give peanut, you get the monkey”, atau kalau mau mancing kakap ya jangan pakai ikan teri, begitulah istilah kerenya, untuk dapat yang maksimal tentu butuh pengorbanan lah. Saran saja buat teman-teman pekebun ayo jangan menyerah masih banyak jalan untuk menaikkan hasil panen, jalan yang paling recomended ya organik tentunya. Salah satunya pakai saja Jimmy Hantu, yang terakhir iklan, eh bukan memang saya kan harus kerja dan promosiin Jimmy Hantu to.

Berbagi manfaat tulisan ini:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *