Pupuk Organik Jimmy Hantu Ratu Biogen Ala Tabalong

Tak genap 24 jam tiba dari Kota Bogor, team dinas pertanian Tabalong langsung aplikasi bagaimana membuat pupuk organik padat. Bersama Ibu Endang sebagai inisiator dan bekerja sama dengan program CSR (coporate social rensponsibiliy) dari PT. Pertamina, langsung berupaya menerapkan informasi dan ilmu dari Bogor bagaimana membuat pupuk organik padat yang baik untuk petani.

Pembuatan pupuk organik dari biomasa di sekeliling memang mudah, tetapi harus memperhatikan cara yang baik dan benar. Alih-alih akan mendapatkan pupuk yang kualitas, jika cara dan pembuatannya salah, justru akan menjadi inang dan tempat bersarangnya patogen dan salmonela serta uret yang akan menghabisi tanaman petani. Bekal dari Jimmy Hantu Ratu Biogen tentunya akan membuat semua jadi lebih mudah dan akan terhindar dari perseoalan-perseoalan tersebut.

team lapangan Jimmy Hantu Ratu Biogen bersama Kepala Dinas Pertanian Kab.Tabalong

“Mudah sekali, kami memiliki lahan yang sangat luas, sampah biomasa juga sangat melimpah, tinggal bagaimana pengetahuan dan kemauan kita untuk mengolahnya” tandas Bu Endang di sela-sela pembuatan pupuk bersama. “Untung kemarin kami sempat ke Bogor, sehingga mudah bagi kami untuk membuat pupuk yang baik, selain itu starter yang kami dapat dari Jimmy Hantu Ratu Biogen membuat saya semakin yakin dengan kualitas pupuk organik yang kami buat” tambahnya.

lokasi pelatihan pembuatan pupuk organik padat milik PT.Pertamina

proses pelatihan pembuatan pupuk organik padat

Ya, memang salah satu kunci apakah pupuk itu bagus atau tidak, selain pupuk tersebut tidak mengandung patogen maupun salmonela adalah kandungan bakteri positif yang dapat memaksimalkan potensi hara yang ada di dalam tanah.

Harapanya, dengan kerjasama seperti di Tabalong Kalimantan Selatan ini, nantinya sentra-sentra pembuatan pupuk organik pemanfaatan biomasa di sekitar kita akan semakin banyak. Artinya pupuk murah akan semakin mudah diakses. Dan akhirnya petani tidak perlu mengeluarkan dana yang dalam.

Tentunya, Jimmy Hantu Ratu Biogen tidak mungkin bekerja sendiri, dukungan pihak pemerintah dan corporasi besar harus ikut turun tangan bergandegan membantu menyelesaikan perseoalan ini secara bersama-sama. Yakinlah jika semua bersama-sama, cobaan dan rintangan terhadap petani akan mudah dilalui. Tak ada gunanya kita mengeluh atas kondisi pertanian Indonesia, tetapi kita harus mencari jalan keluar secara mandiri. Mari genggam bersama untuk Petani Indonesia, lebih sejahtera. Go Jimmy Hantu Go Indonesia bisa !!

Berbagi manfaat tulisan ini:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *