PEPAYA ORGANIC PASTI MANIS

pepayaPetani di Indonesia mulai berlomba tanam pepaya. Mulai dari pepaya Jepang, Bangkok hingga America. Bahkan pada berlomba membuat nama pepaya dengan suka suka penemu yang telah sanggup menemukan varietas terbarunya. Pemain pepaya pada berlomba bibit yang serba unik dengan segala cara diaminkan agar ditemukan bibit bibit baru dengan warna yang baru pula. Semakin baru warnanya semakin dikejar para penggemar warna pepaya.

“Inilah arus pertanian di Indonesia. Yang paling kaya bukan petani pepaya tapi yang mengolah pepaya hingga mengolah bibitnya,” kata Jimmy Hantu,

Semestinya, kata Jimmy, penggemar   pepaya itu memperhatikan kadar rasa dan aroma pepaya jika mau memperhatikan nutrisinya. Apabila pepaya itu banyak kadar vitaminnya maka perhatikan warna kulit pepaya, buah pepayanya baru rasanya. Kalau kulit semakin mengkilap maka semakin baik kadar vitaminnya. Selanjutnya perhatikan warna buahnya, terkadang soal kulit bisa ditipu dengan cara memberikan lilin pada kulit agar mengkilap warnanya. Kalau buahnya cukup sulit untuk menipunya. Semakin warna buah pekat warnanya maka semakin baik pula kadar vitaminnya. Setelah itu memperhatikan aroma dan rasanya. Kalau aroma dan rasanya tidak manis maka pepaya tersebut penuh kemungkinan saat perawatan penuh kimiawi.

Petani pepaya selayaknya memperhatikan terhadap konsumen. Semakin baik pola perawatannya maka semakin baik pula konsumennya. Tunjukkan bahwa pepaya itu manis, karena pada dasarnya pepaya memang manis. Jangan sampai penggemar atau calon konsumen yang senang pepaya menjadi kapok saat makan pepaya. Ciptakan konsumen cinta memakan pepaya. Jangan hanya mengejar omzet banyak buah saja tapi perhatikan pelanggannya.

“Semakin kita memperhatikan konsumen maka semakin kita dapat Rahmat dari Allah. Islam menyatakan ‘sebaik baik manusia itu manusia yang bermanfaat buat manusia yang lainnya,” ujar, Jimmy.

Selayaknya, lanjut Jimmy, petani berpikir jauh ke depan bukan berpikir yang penting panen melimpah maka untung besar. Untuk apa untung besar kalau tidak berkah. Saatnya mencari berkah bukan hanya cari untung tapi jadi buntung. (jihan-01)

Berbagi manfaat tulisan ini:

    4 Commentsto PEPAYA ORGANIC PASTI MANIS

    1. Muhlis saraan says:

      apa jimmy hantu bisa di aplikasikan zpt dzn npk serta obat kimia

    2. heri says:

      bolehkah pupuk hantu di campur dengan insektisida

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *