Menanamlah dengan Cinta

durian

Durian umur dua tahun pun sudah berbunga, ini karena buah cinta dan kasih

Sebaik Baiknya Manusia Ini Lebih Baik dibandingkan Malaikat. Seburuk buruk manusia bisa lebih buruk dibandingkan binatang.

Sebaik baik perlakuan itu adalah dengan hati dan amal perbuatan. Semakin baik hati dan amal perbuatannya dalam menjalankan kehidupan, maka akan kelihatan hasil yang sangat baik. Begitu pula sebaliknya jika hati penuh kebencian dan amal yang buruk, hasilnya juga akan berbanding lurus.

Sebaik baik petani itu yang hatinya cinta dengan tanaman dan memperlakukan tanaman sebagaimana ia melakukan perawatan terhadap jiwa raganya sendiri. Jika kecintaan kita berikan 100%  pada tanaman, niscaya tanaman juga akan mengerti dan akan memberikan terbaik buat kita. Dan begitu juga jika, semakin buruk hatinya maka pengaruh pada tanaman juga tidak baik. Semakin pikirannya banyak masalah maka pada tanaman bisa bermasalah.

caisim

Caisim pun bak raksasa tumbuh sangat subur kalau semua diberi cinta

Ingat, tanaman juga punya perasaan. Makin baik perasaan dan pikiran kita begitu juga hingga perlakuan terhadap tanaman, maka makin baik hasil yang kita tanam. Saat musim panas maka tanaman butuhnya air yang seger-seger. Saat musim penghujan butuhnya makanan yang enak enak.

Jadi tidak perlu berdebat lagi, jika ingin sukses menjadi petani, bersihkan hati penuhi dengan rasa cinta. Yakinlah Tuhan akan menolong dan membantu kita, begitu juga tanaman akan mengulurkan “tangannya” untuk menggapai cinta kita.

Satu lagi, jangan lupa bercocok tanamlah dengan benar dan penuh kasih. Hasilnya pasti akan ikut. (JH-ES)

Berbagi manfaat tulisan ini:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *