Jagung Berjuta Manfaat

kue jagung2Jagung  (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Banyak sekali kandungan gizi di dalam jagung diantaranya di hitung dalam per 100 gram jagung , Kalori : 355 Kalori, Protein : 9,2 gr, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Ferrum : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, Air : 12 gr.

sedimikian banyaknya gizi yang terdapat dalam jagung lalu kenapa  tidak kita mengkomsumsi jagung, Di hari Jagung di Markas Jimmy Hantu jagung di buat berbagai makanan, dari mulai sarapan, makan siang hingga makanan camilan atau kue – kue, diantaranya yang di karyakan oleh peserta BIM adalah jagung nasi goreng (menu sarapan), nasi kangkung / sawi jagung (makan siang), Putri noong, klepon dan jelly jagung.

Bila mengenai rasa tidak bisa di pungkiri lagi, apalagi bila menggunakan jagung hantu (jagung yang di tanam di markas jimmy hantu) tidak perlu di olah saja sudah nikmat dengan di makan mentah dan segar dari pohonnya.

Manfaat jagung pun tak kalah banyak dengan kandungan gizinya antara lain : 1. Memperbaiki pencernaan, Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar. 2.
2. Kaya mineral, Lebih dari yang bisa Anda pikirkan, jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal. 3. Merawat kulit, Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung  jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit. 4. Mencegah anemia, Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia. 5. Mengontrol kolesterol, Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh. 6. Penting selama kehamilan, Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya.(JH/JO/JTTV/JTN

Berbagi manfaat tulisan ini:

    2 Commentsto Jagung Berjuta Manfaat

    1. syaifulnahar says:

      bgm jadi aaaaaaaaaaaaaaagen,cara aplikasi setiap produk, brp cc/LUAS LAHAN
      /JENIS TANAMAN

    2. sungguh sangat potensial untuk dikebangkan dan dibuat model percontohan bagi petani atau pecinta produk pertanian alami.
      Kita memiliki anak muda yg potensial di bidang pemuliaan tanaman pangan ataupun rekayasa produk tanaman pertanian lain dengan kualitas unggulan .
      Kenapa harus tengok/ melirik ke produk luar?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *