Calon Tokoh Pembibit Indonesia

Jagung-Pelangiperubahan dan merubah warna daun hingga batang dan buah, bagi Jimmy Hantu bukanlah hal yang aneh. Itu hanya permainan uji coba santriwan dan santriwati yang belajar di Lembaga Bina Insan Mandiri (LBIM) Jimmy Hantu.
“Misalnya pohon jambu berbuah jambu berdaun beringin. Merubah warna cabe yang umumnya merah menjadi warna biru. Atau jagung yang umumnya putih atau hitam itu masih biasa. Jagung bisa dijadikan belang belang,” kata lusi, salah seorang santriwati jebolan UNDIP Semarang.
Semua santri yang belajar di Jimmy Hantu, lanjut lusi, wajib membuat percobaan persilangan tanaman. Setiap santri juga diwajibkan membuat pupuk agar Indonesia kedepan benar-benar swa sembada pupuk dan swa sembada bibit.
Para santri juga harus memahami dan mampu mengolah hasil panennya. Sehingga tidak akan adanya limbah pertanian. Demikian soal perikanan dan peternakan. Santri harus menguasai ilmu memijahkan ikan atau merawat telur ikan menjadi bibit ikan. Bahkan harus mampu membuat pakan ikannya.
“Pak Jimmy selalu menekankan cinta membuat bukan cinta membeli. Santri wajib kreatif dan tidak boleh konsumtif. Yang lebih ditekankan lagi, Cinta memberi benci meminta,” ucap Linaf, teman susi.
Sama halnya yang disampaikan oleh, Nazam, Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Musi Rawas (UNMURA) Sumatera Selatan, bahwa di Jimmy Hantu banyak hal yang bisa dilakukan dalam hidup ini. Bahkan sangat mudah dalam pertanian, peternakan hingga perikanan. Bisa dibilang, mencari uang bukanlah hal yang sulit jika mau menggerakkan tangannya.
Pelajaran di Jimmy Hantu sangat berharga. Sekian tahun kuliah, cukup beberapa hari dikupas di LBIM Jimmy Hantu bisa selesai. Banyak hal disampaikan lalu dibuktikan. Maka wajar di Jimmy Hantu menjadi ajang pelatihan teori dan praktek.
“Pantas di Jimmy Hantu tempatnya pendidikan Petani Berdasi,” imbuh, Linaf, salah seorang peserta didik utusan dari Yayasan Indonesia Bangun Desa (IBD).
Linaf dan lima teman lainnya, sengaja dikirim oleh Yayasan IBD agar nantinya sanggup menjadikan desanya menjadi desa yang makmur berkat ilmu yang didapat dari Jimmy Hantu. Demikian pula, beberapa alumnus dari UGM, UNDIP, ITS, UNPAD, UNHAS juga menyatakan hal yang sama.
“kami merasa bersyukur bisa belajar dari jimmy hantu, dan punya banyak bekal inspirasi untuk membangun banten”. Ungkap agis presiden BBD.
(Farmer LJ) Alumni Fakultas Peternakan Unpad 2010 .E-mail : penapetani@gmail.com
Contact : 0857-2239-2123 – kontributor
Berbagi manfaat tulisan ini:

    2 Commentsto Calon Tokoh Pembibit Indonesia

    1. desra fitri says:

      Saya butuh pupuk untuk bibit yang baru saya tanam, mohon petunjuk pupuk yang tepat sesuai kebutuhan saya ( untuk bibit dan untuk tanahnya )

      • suci jihan says:

        Untuk pembibitan, tergantung bibitnya, sayang Ibu tidak menjelaskan bibit apa yang akan ditanam.

        Tetapi pada dasarnya, cara sesderhananya, sebelum di tanam rendam bibit dengan ZPT Hantu RB (2-3cc/ltr) selama 3-5 menit lalu silahkan disemai (sawi, cabe, tomat, timun dll).

        Untuk persiapan lahan silahkan olah dahulu sampai matang dan jangan lupa berikan pupuk dasar kompos/kandang yang telah matang dan POC Ijo Royo Royo (saran terbaik sebelum ditebar, pupuk kandang/kompos diperam 7-10 hr dan dicampur dengan POC Ijo Royo) Royo)

        Setelah tanam (masa tumbuh) semprot kabut dengan larutan ZPT Hantu RB 10 hari sekali di pagi atau sore hari, dan lakukan ini sampai masa pembuahan. Ketika pembuahan tiba beralihlah ke NPK Hantu Jago Tani sampai masa panen tiba.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *