Antara Brebes, Bawang Merah, dan Jimmy Hantu Ratu Biogen

Bagi warga Brebes, menanam bawang merah sudah menjadi bagian tradisi, istilahnya gak ada bawang merah itu hilang ke Brebesanya. Maka, kalau disebut kata Brebes pasti dalam benak kita yang nyatol adalah bawang.

Bagi Jimmy Hantu Ratu Biogen masuk Brebes ibarat tentara masuk dalam hutan lebat yang tentunya penuh dengan tantangan, binatang buas jalan yang terjal masih semrawut, navigasi yang ngaco. Ya begitulah gambaranya, sebagai kiblat bawang merah di Indonesia, tentunya banyak perusahaan pupuk maupun pestisida bergelut untuk merebut priuk nasi.

Begitu pula Jimmy Hantu Ratu Biogen, ikut bergelut, ada satu team kita telah bejibaku, kurang lebih sudah 3 bulan, Rajab biasa kami memanggilnya. Bukan tanpa tantangan selama disana, awalnya produk Jimmy Hantu Ratu Biogen masih berkutat pada tanaman cabe atau hortikultura yang lain, tetapi untuk bawang, ehmmm entar dulu.

Maklum, bawang sangat butuh unsur hara yang besar, penggunaan pemupukan anorganik pasti akan sangat besar juga. Dan tentunya dengan pemupukan dan pengobatan yang tidak mempertimbangkan keberlanjutan, selain berbiaya mahal, juga tidak baik dalam jangka panjang.

Keluhan inilah yang dijadikan Rajab, sebagai entry point, dimana dengan Jimmy Hantu Ratu Biogen, selain berbahan organik, bahkan bisa mengurangi biaya pemupukan dan pengobatan. Dan yang lebih penting lagi hasilnya wooowww, meningkat drastis.

Tiga bulan mengajak petani untuk berubah, akhirnya membuahkan hasil. Salah satu binaan Rajab telah panen. Lahan seluas 100 are milik Pak Nursalim desa Siwungkuk kecamatan Wanasari Brebes, berhasil mendapatkan 1 ton bawang merah, yang sebelumnya hanya mendapatkan 6,4 kwintal saja.

“Padahal, pemupukanya sudah dikurangi hampir 50% dari biasanya” imbuh Rajab. “Artinya biaya sudah efisien 40% tetapi hasilnya meningkat 50%, mantab kali ini”, begitulah gumamnya.

Penggunaan Jimmy Hantu Ratu Biogen dalam aplikasi bawang sebenarnya sangat mudah, awal tanam cukup pakai POC Hantu Ijo Royo Royo campur ZPT Hantu Ratu Biogen (sekali saja aplikasi) 10 hari berikutnya pakai POC Hantu Ijo Royo Royo dan NPk Jagotani lakukan setiap 10 Hari sekali, mau panen 15 Hari pakai Zpt Hantu Ratu Biogen, hanya itu saja.

Dan yang membuat senang bukan main adalah harga bawang merah kering panen saat ini adalah 25.000. Senyum itu semakin sempurna di bulan Ramadhan kali ini. Membahagiakan prang dibulan suci ini pasti pahalanya besar kan, begitu tutup Rajab.

contoh hasil bawang merah Brebes menggunakan Jimmy Hantu ratu Biogen

 

Berbagi manfaat tulisan ini:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *